Saya Ragu Hasil Kerja Pansus Century

6 Mar 2010

Skandal Century, belakangan ini semua media meberitakan hal tentang ini. Seolah inilah satu-satunya urusan bangsa di negeri ini.

Mengingat hasil putusan pansus angket century, seberapa besar keyakinan anda atas validitas yang mereka -para anggota pansus century terhormat- umumkan di media selama ini? Besarkah?

Saya sendiri -dengan tidak bermaksud membela siapa pun di sini- meragukan hasil kerja pansus century. Bagi saya, ini tak lebih dari dagelan politik yang tidak beda jauh dari opera sabun biasa. Bagaimana bisa saya meyakini validitas hasil putusan para orang terhormat di panggung sana, bila sikap yang diperlihatkan tak lebih dari sekedar ego belaka; teriakan, makian, dan tuduhan. Yeah cape rasanya mengikuti pemberitaan ini semua.

Selain hal demikian, rasanya saya hanya melihat bahwa apa yang mereka putuskan adalah tak lebih dari sekedar rasa takut akan kehilangan kepercayaan rakyat belaka. Karena di awal proses angket century, para dewan sudah terlanjur dengan lantang mengatakan A dan B terlibat dalam skandal century; mereka tidak memberikan ruang kepada A dan B untuk menjelaskan kondisi saat itu dan tidak pula para ahli perbankan dan ekonomi diberikan ruang untuk menjelaskan dengan gamblang situasi realnya.

Dan bagaimana bisa saya meyakini validitas hasil kerja pansus? Jika toh dari sekian puluh hari kerja pansus, berakhir dengan voting dan kerusuhan ‘dipanggung senayan’. Bagaimana bisa saya percaya atas hasil kerja dari orang yang tidak mengindahkan moods positif dalam budaya kerjanya. Karena saya yakin ketika ada ego negatif dalam proses kerja, maka di sana ada kepentingan yang mereka kejar, kepentingan diri dan golongan; bukan kepentingan rakyat!

NB:

setelah posting tulisan ini, eh muncul berita di detik.com dan sepertinya memiliki korelasi dengan apa yang saya tulis. Hm,,, ga disangka! Ini linknya.


TAGS Kasus Bank Century Current Issue


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post