Dua dimensi puasa

5 Sep 2009

Lagi-lagi sore ini kumuncoba untuk terdiam sesaat di pelataran mesjid, dan lantas kudengar suara itu; Tentang puasa; terdapat dua dimensi tujuan puasa. Yakni dimensi akhirat dan dimensi tujuan keihklasan.

Secara syari’ puasa tersebut merupakan ibadah yang diperintakan Alloh SWT untuk bisa menahan diri dari segala amalan yang bisa membatalkan puasa [makan, minum, bersenggama dll] dari terbit fajar sampai terbenam matahari yang dilandasi dengan niat yang ikhlas karena Alloh SWT, untuk mendapatkan keridhaannya hingga kita menjadi orang yang bertaqwa.

Dari pengertian di atas, setidaknya kita bisa mengambil dua kesimpulan, bahwa dimensi tujuan dari puasa ada 2, yakni dimensi akhirat dan dimensi tujuan keikhlasan.

Menahan diri, adalah sebuah bentuk dimensi keikhlasan sebagai bentuk pengabdian kita terhadap Sang pencipta. Dan Bertaqwa adalah dimensi lain sebagai bentuk dari dimensi tujuan akhirat.

Dan sesungguhnya puasa ini adalah bentuk ibadah personal, dmn hanya Alloh SWT dan kita yang bisa mengetahui kualitas dari ibadah puasa tersebut.

Semoga kualitas dari ibadah puasa kita, dari hari ke hari menjadi lebih baik. Wassalam.

NB: Disarikan dari kultum sore hari.


TAGS Ibadah Puasa


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post